Pengaruh Cerita Humor Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman di Kelas IV MIN 4 ASAHAN

Br. Panjaitan, Runi Rizky (2021) Pengaruh Cerita Humor Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman di Kelas IV MIN 4 ASAHAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (717kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (418kB)
[img] Text
bab 2 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

Kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman, Media Cerita Humor Media cerita humor memiliki peran penting karena media dapat membantu proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cerita humor terhadap kemampuan membaca pemahaman. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV MIN 4 Asahan. Sampel ditentukan melalui teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka diperoleh kelas IVA sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan berganda. Data dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa yang diajarkan dengan Media Cerita Humor lebih tinggi dari kemampuan membaca siswa melalui pembelajaran konvensional. Kemampuan membaca pemahaman di kelas eksperimen (IVA) dengan Media Cerita Humor diperoleh rata-rata protest yaitu 76,9, sedangkan dengan pada kelas kontrol (IVB) dengan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata post test 63,25. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,41 > 2,024 pada taraf signifikasi α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan Media Cerita Humor terhadap kemampuan membaca pemahaman kelas IV MIN 4 Asahan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya diharapkan penelitian ini bisa menjadi bahan referensi dan juga menjadi bahan koreksi bagi penyempurnaan penyusunan penelitian selanjutnya

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman, Media Cerita Humor
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 02 Mar 2023 07:28
Last Modified: 02 Mar 2023 07:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17939

Actions (login required)

View Item View Item