Pengembangan Media PowerPoint Interaktif Untuk Pembelajaran IPA Pada Kelas IV MIS Bidayatul Hidayah

Siregar, Anggreini (2021) Pengembangan Media PowerPoint Interaktif Untuk Pembelajaran IPA Pada Kelas IV MIS Bidayatul Hidayah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI-ANGGREINI SIREGAR PGMI 1 (0306172115).pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB I- ANGGREINI SIREGAR PGMI 1 (0306172115).pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II- ANGGREINI SIREGAR PGMI 1 (0306172115).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB III- ANGGREINI SIREGAR PGMI 1 (0306172115).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB IV- ANGGREINI SIREGAR PGMI 1 (0306172115).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- ANGGREINI SIREGAR PGMI 1 (0306172115).pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN ANGGREINI SIREGAR PGMI 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasakan analisis kebutuhan, ditemui bahwa guru memerlukan contoh media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran dikelas.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prosedur pengembangan produk berupa media pembelajaran PowerPoint interaktif serta untuk mendeskripsikan kualitas media yang dikembangkan Jenis penelitiaan dan pengembangan dalam penelitian ini yaitu penetian Research and Development (R&D) dengan menerapkan tahapan yang disederhanakan oleh Borg and Gall.Tahapan penelitiaan yang dilakukan meliuti 9 tahapan yaitu : 1) Potensi dan masalah,2) Pengumpulan data,3) Desain Produk,4) Validasi Desain,5) Revisi Desain,6) Uji coba produk,7) Revisi Produk,8) Uji coba pemakaian,9) Revisi produk sampai menghasilkan akhir berupa media PowerPoint Interaktif. Subjek dalam penelitiaan ini yang dilibatkan dalam penelitiaan ini adalah peserta didik kelas IV MIS Bidayatul Hidayah sebanyak 33 responden. Pemerolehan data dalam penelitiaan ini diambil dari validasi ahli media dan ahli materi pembelajaran yang berguna untuk mengetahui kelayakan produk, kemudian uji coba pemakaiaan dengan guru dan peserta didik guna memperoleh data kepraktisan produk. Hasil penelitiaan dan pengembangan yang dilakukan memberikan keterangan bahwa produk media PowerPoint Interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” digunakan setelah melalui uji validasi dari ahli media dengan rentang nilai 95% dan 90%, dan rentang nilai 95% dari ahli materi pembelajaran,kemudian dilihat dari hasil uji kepekraktisan melalui uji coba produk oleh guru diperoleh persentase nilai 98,7% dan persentase nilai dari peserta didik 93,6% dengan kategori “Sangat Praktis” digunakan sebagai media pembelajaran PowerPoint Interaktif. Berdasarkan skor tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran PowerPoint Interaktif mempunyai kualitas “Sangat Baik” dan layak untuk digunakan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media PowerPoint Interaktif, Research and Devlopment
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Mar 2023 05:44
Last Modified: 02 Mar 2023 05:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17937

Actions (login required)

View Item View Item