Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MIS Bi Al-Nazhar

Samira, Tursina (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MIS Bi Al-Nazhar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (4).pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB I (6).pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II (6).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (3).pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf

Download (505kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, 3) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 1 kelas berjumlah 17 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pretest dan posttest sebanyak 10 soal yang telah divalidkan ke dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitut-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) berperan sebagai model pembelajaran yang digunakan untuk membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan yang dapat membuat pembelajaran IPA menjadi lebih bermakna membuat siswa lebih termotivasi dan semangat untuk belajar. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIS Bi Al-Nazhar pada kelas eksperimen (Kelompok 1) yang diberi perlakuan menggunakan model ii pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) memperoleh nilai rata- rataposttest=76,25dan hasil belajar siswa kelas kontrol(Kelompok2)yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran teacher centered learning memperoleh nilai rata-rata post test = 64,44. 3) Berdasarkan hasil uji t dimana dperoleh thitung > ttabel 4,965> 2,131dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MIS Bi Al-Nazhar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar, IPA
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:34
Last Modified: 01 Mar 2023 03:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17883

Actions (login required)

View Item View Item