Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP YP Tunas Karya Batang Kuis

Aminah, Siti (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP YP Tunas Karya Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP YP Tunas Karya Batang Kuis.2) Pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP YP Tunas Karya Batang Kuis. 3) Perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing dan ekspositori terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP YP Tunas Karya Batang Kuis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quansi eksperimen.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP YP Tunas Karya Batang Kuis yang berjumlah 110 siswa.Sampel dalam penelitian ini merupakan kelas VII-2 yang berjumlah 30 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol.Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar mata pelajaran IPS.Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 57 dan nilai posttest sebesar 83. 2) Hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 57 dan nilai post-test sebesar 75. 3) Ada perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dan ekspositori terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP YP Tunas Karya Batang Kuis yang dapat dibuktikan dari nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 75. Dengan uji t diperoleh thitung >t tabelyaitu 28,356 > 1,672

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:42
Last Modified: 28 Feb 2023 08:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17871

Actions (login required)

View Item View Item