Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Unmet Need Keluarga Berencana pada Pasangan Usia Subur di Kecamatan Pantai Cermin

Antika, Antika (2022) Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Unmet Need Keluarga Berencana pada Pasangan Usia Subur di Kecamatan Pantai Cermin. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DEWI ANTIKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I DEWI ANTIKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB II DEWI ANTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III DEWI ANTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV DEWI ANTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V DEWI ANTIKA.pdf

Download (55kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEWI ANTIKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertambahan penduduk dari tahun ke tahun semakin meningkat, ini menjadi salah satu masalah kesehatan yang sangat diperhatikan pemerintah. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah menekan laju pertumbuhan ini adalah dengan diadakannya Program Keluarga Berencana (KB). Berdasarkan data SDKI 2017 persentase unmet need belum memenuhi target BKKBN yaitu sebesar 9,91%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian Unmet Need KB pada PUS di Kecamatan Pantai Cermin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah survei analitik. Data penelitian diperoleh menggunakan kuesioner dengan 96 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data dengan cara univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian analisis bivariat didapat variabel umur (0,029), pendidikan (0,040), pendapatan keluarga (0,036), jumlah anak hidup (0,016), pengetahuan (0,032), persepsi (0,013), dukungan suami (0,002). Hasil analisis multivariat didapat faktor yang paling dominan adalah dukungan suami (OR=3,552). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan umur, pendidikan, pendapatan keluarga, jumlah anak hidup, pengetahuan, persepsi, dukungan suami dengan kejadian unmet need Keluarga Berencana Pada Pasangan Usia Subur Di Kecamatan Pantai Cermin. Diharapkan diberikan penyuluhan terhadap suami tentang metode kontrasepsi sehingga suami dapat mengerti dan dapat meningkatkan dukungan suami terhadap Keluarga Berencana.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Unmet Need Keluarga Berencana, Pasangan Usia Subur, dukungan suami.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 374 Adult education
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 28 Feb 2023 05:35
Last Modified: 28 Feb 2023 05:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17864

Actions (login required)

View Item View Item