Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual Animasi Untuk Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Hubbul Walad Medan

Aini, Ulfa (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual Animasi Untuk Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Hubbul Walad Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga membuat pembelajaran bahasa Arab sangat monoton. MIS Hubbul Walad sebagai lembaga pendidikan membutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk dapat mengetahui kemampuan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan pembuatan produk media pembelajaran bahasa Arab audio visual animasi, 2) mengetahui penilaian ahli terhadap produk media pembelajaran bahasa Arab audio visual animasi, 3) mendeskripsikan hasil uji coba lapangan produk media pembelajaran bahasa Arab kelas V Madrasah ibtidaiyah Swasta Hubbul Walad. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah, yaitu: analisis potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, angket ahli media, ahli materi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab berbasis audio visual animasi dinyatakan sangat valid, dan dapat mengetahui kemampuan keterampilan berbicara siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Audio visual animasi, keterampilan berbicara
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:57
Last Modified: 28 Feb 2023 03:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17845

Actions (login required)

View Item View Item