Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Sumber Belajar Digital Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Simalungun

Damanik, Dewi Lestari (2022) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Sumber Belajar Digital Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI DEWI LESTARI DAMANIK (0301182148).pdf

Download (828kB)
[img] Text
2. BAB I DEWI LESTARI DAMANIK (0301182148).pdf

Download (206kB)
[img] Text
3. BAB II DEWI LESTARI DAMANIK (0301182148).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
4. BAB III DEWI LESTARI DAMANIK (0301182148).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
5. BAB IV DEWI LESTARI DAMANIK (0301182148).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[img] Text
6. BAB V DEWI LESTARI DAMANIK (0301182148).pdf

Download (106kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN DEWI LESTARI DAMANIK (0301182148).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru PAI dalam mengembangkan sumber belajar digital, bentuk-bentuk kreativitas, apa saja sumber-sumber belajar digial yang digunakan guru PAI, dan apa saja hambatan kreativitas guru PAI dalam mengembangkan sumber belajar digital di MAN Simalungun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian adalah empat orang guru pendidikan agama islam diantaranya guru sejarah kebudayaan islam, guru akidah Akhlak, Guru fikih, dan guru Qur’an hadits di MAN 1 Simalungun.prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisi data menggunakan data interaktif yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan tujuan penelitian, temuan yang diperoleh yaitu 1) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Sumber Belajar Digital di MAN 1 Simalungun dalam hal kelancaran berpikir, Guru Pendidikan Agama Islam MAN 1 Simalungun memiliki berbagai macam ide dalam memecahkan masalah menggunakan sumber belajar digital. Kemudian aspsek keluwesan berpikir, Guru menggabungkan whatshapp dengan youtube, media whatshap dengan internet. Aspek originality (keaslian/otentisitas), sumber belajar digital yang digunakan masih video standar yang dibuat secara mandiri dan menggunakan platform youtube. 2) sumber-sumber belajar digital yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam yaitu Whatshap, Youtube, Powtoon, dan video animasi. 3) hambatan yang dihadapi guru PAI dalam membuat pengemabngan sumberbelajar digital antara lain jaringan dan tidak semua siswa memiliki smartphone.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Sumber Belajar Digital, Pedndidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:53
Last Modified: 28 Feb 2023 02:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17832

Actions (login required)

View Item View Item