Pengaruh Promosi Kesehatan Menggunakan Media Boneka Tangan dan Teka-teki Silang Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Jajanan Sehat Di SDN 03 Panai Hilir

Nurhakiki, Nurhakiki (2022) Pengaruh Promosi Kesehatan Menggunakan Media Boneka Tangan dan Teka-teki Silang Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Jajanan Sehat Di SDN 03 Panai Hilir. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera utara.

[img] Text
COVER_NURHAKIKI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I_NURHAKIKI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB II_NURHAKIKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_NURHAKIKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_NURHAKIKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V_NURHAKIKI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_NURHAKIKI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Menurut indeks IMT/U pada anak sekolah di Provinsi Sumatera Utara persentase kurus yaitu 6%. Berdasarkan standart dari WHO, jika suatu wilayah memiliki prevalensi ≥5% maka dikatakan mengalami gizi akut. Dalam survei awal 8 dari 10 responden menyatakan pernah mengalami kejadian sakit perut akibat konsumsi jajan, 4 dari 8 yang sakit perut mengalami BAB berulang berbentuk cair. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh promkes menggunakan boneka tangan dan teka-teki silang sebagai media terhadap sikap dan pengetahuan anak SDN 03 Panai Hilir usia 9-10 tahun. Metode Penelitian: Berbentuk Quasi Experiment menggunakan desain pre-test dan post- test. Pada penelitian akan diberikan intervensi melalui penggunaan media boneka tangan dan teka-teki silang. Jumlah Responden 60 orang murid kelas IV-A dan B SDN 03 Panai Hilir. Hasil: Diperoleh hasil dari analisis bivariat yang memperlihatkan penambahan pengetahuan akan jajanan sehat dengan menerapkan media boneka tangan dan teka-teki silang (p) <0.001. Didapati pengembangan sikap akan jajanan sehat dengan menerapkan media boneka tangan juga teka-teki silang (p) <0.001. Tampak perbedaan rata-rata pengetahuan yang bermakna antar grup media boneka tangan dan teka-teki silang dengan (p) <0.001. Tidak tampak perbedaan rata-rata sikap yang bermakna antar dua grup media dengan (p)0.017. Ditemukan pengaruh nan bermakna terhadap sikap dan penegtahuan akan jajanan sehat dengan menerapkan media boneka tangan dan teka-teki silang. Kesimpulan : Teka-teki silang dan Boneka tangan bisa dipergunakan menjadi media ajar/pembelajaran mengenai kesehatan nan efisien dan efektif untuk menggubah sikap dan pengetahuan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Promkes, Boneka Tangan, Teka-teki Silang.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:38
Last Modified: 27 Feb 2023 09:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17806

Actions (login required)

View Item View Item