Kreativitas Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Sejarah Keislaman Di MTs Al Washliyah Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara

Salfadillah, Mita (2022) Kreativitas Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Sejarah Keislaman Di MTs Al Washliyah Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER MITA SALFADILLAH.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB 1 MITA SALFADILLAH.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II MITA SALFADILLAH.pdf

Download (552kB)
[img] Text
MITA SALFADILLAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
MITA SALFADILLAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
MITA SALFADILLAH V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MITA SALFADHILAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas dalam kelas (pembelajaran) akan menghasilkan peserta didik kreatif dan peserta didik yang kreatif pada umumnya memiliki kemampuan lebih tinggi dan tangguh dibanding peserta didik biasa (tidak kreatif). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kreativitas guru SKI dalam menanamkan Nilai-Nilai Sejarah Keislaman Di MTs Al Washliyah Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. Metode peneltian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru SKI dan siswa kelas VIII di Di MTs Al Washliyah Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. Hasil penelitiannya adalah : 1) Kreativitas guru SKI di MTs Al Washliyah desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara belum begitu baik karena temuan peneliti tergambar bahwa media tidak dijadikan sebagai sumber belajar, ditambah lagi pengakuan siswa guru dalam pelaksanaan pembelajaran kerap kali menggunakan metode ceramah tanpa ada variasi dengan metode lainnya. 2) Faktor penghambat kreativitas guru dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada pembelajaran SKI yang paling utama adalah guru kurang memiliki keterampilan menggunakan berbagai macam metode dan strategi yang menarik. Pembelajarannya tidak PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan). PAIKEM merupakan suatu metode yang dapat digunakan untuk menstimulus daya ingat siswa dan praktek pembelajaran agar materi yang dilaksanakan guru diterima siswa dengan baik. Inilah mengapa siswa tidak fokus dalam belajar, kelas tidak kondusif dan lainnya karena pelaksanaan pembelajaran tidak menarik perhatian siswa.. 3) Faktor pendukung guru dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada pembelajaran SKI sudah baik di MTs Al Washliyah desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara dilengkapinya dengan buku guru, buku siswa, RPP dan alat bantu belajar seperti infokus yang digunakan. Jadi alat-alat ini yang menjadi faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada pembelajaran SKI. Penggunaan alat bantu infokus ini tidak selalu digunakan guru mengingat alat bantu infokus ini harus izin dari kepala sekolah untuk menggunakannya, namun faktor pendukung lainnya selalu disediakan oleh guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Nilai Sejarah Keislaman, Guru.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Feb 2023 05:13
Last Modified: 27 Feb 2023 05:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17793

Actions (login required)

View Item View Item