Analisis Pelaksanaan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Wilayah Kerja Puskesmas Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Rambe, Nindi Ardina (2022) Analisis Pelaksanaan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Wilayah Kerja Puskesmas Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER NINDI perpus.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tantangan yang dihadapi Indonesia terkait permasalahan higiene dan sanitasi masih sangat besar. Keputusan program STBM dikeluarkan langsung oleh Menteri Kesehatan dalam surat keputusan Nomor 852/MENKES/SK/IX/2008 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Pada tahun 2015, naungan hukum pelaksanaan STBM diperkuat dengan dikeluarkannya PERMENKES Nomor 3 Tahun 2014 tentang STBM. Program STBM diharapkan dapat meningkatkan kesadaran diri masyarakat untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi dengan mengadakan kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat sehingga penyakit berbasis lingkungan dapat berkurang. Secara nasional, capaian total Desa/Kelurahan pada tahun 2020, jumlah Desa/Kelurahan yang telah melaksanakan STBM sudah mencapai 61.000 dari total 83.441 Desa/Kelurahan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan program STBM di wilayah kerja Puskesmas Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara mendalam. Adapun jumlah informan pada penelitian ini berjumlah 7 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program STBM belum berjalan dengan maksimal. Peran tenaga kesehatan dan fasilitator kesehatan yang bertanggung jawab dalam program STBM masih kurang dan belum pernah menerima pelatihan terkait pelaksanaan pemicuan, kurangnya sarana dan prasarana, masih minimnya komunikasi dan kerjasama pihak Puskesmas Pekan Tolan dengan aparat Desa dan masyarakat untuk memperkuat komitmen dan pencapaian program STBM.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pelaksanaan, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Feb 2023 05:37
Last Modified: 24 Feb 2023 05:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17754

Actions (login required)

View Item View Item