Zahro, Hafidzotuz (2022) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengelompokkan Benda Melalui Metode Pembelajaran Modelling Pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Yusriyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover-Daftar Lampiran.pdf Download (544kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (124kB) |
|
Text
Daftar Pustaka-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan anak dalam mengelompokkan benda sebelum menggunakan metode modelling di RA Yusriyah Medan, (2) penerapan metode modelling dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak mengelompokkan benda di RA RA Yusriyah Medan, (3) kemampuan kognitif anak mengelompokkan benda sesudah menggunakan metode modelling di RA Yusriyah Medan. Penelitian ini dilaksanakan di RA Yusriyah Medan pada tanggal 21 Juli sampai 1 Agustus 2022, dengan jumlah anak yang diteliti berjumlah 20 anak. Penelitian ini diawali dengan melakukan prasiklus selanjutnya dilakukan penelitian tindakan siklus I dan siklus II Berdasarkan hasil penelitian setelah diberikan tindakan I yaitu dengan menggunakan metode modelling diperoleh dari 20 anak yang diteliti mengelompookan benda sesuai ukuran, bentuk dan warna memperoleh hasil persentase rata-rata 41,6% dengan katagori kurang, perlu adanya tindakan siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan secara signifikan, diperoleh hasil dari mengelompookan benda sesuai ukuran, bentuk dan warna memperoleh hasil persentase rata-rata 81,6% dengan katagori sangat baik. Dengan demikian hipotesis tindakan terbukti bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengelompokkan benda dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode modelling pada anak RA Yusriyah Medan T.A. 2021/2022.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia 4-5 Tahun, Metode Modelling, Kemampuan, Mengelompokkan Benda |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 09:05 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 09:05 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17697 |
Actions (login required)
View Item |