Pendidikan Karakter Sosial pada Keluarga Suku Mandailing Desa Karang Bangun Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun

Nasution, Ummi Latifah Hanum (2022) Pendidikan Karakter Sosial pada Keluarga Suku Mandailing Desa Karang Bangun Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Caver dan lainnya.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (70kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui implementasi pendidikan karakter sosial pada suku Mandailing, 2) Mengetahui faktor pendukung dalam menerapkan pendidikan karakter sosial pada suku Mandailing, 3)Mengetahui kendala dalam penerapan pendidikan karakter sosial pada suku Mandailing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang dihasilkan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karang Bangun Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, sumber data yang diperoleh dari orang tua dan anakanak yang berjumalah 6 orang tua dan 6 anak- anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi pendidikan karakter sosial di Desa Karang Bangun mulai dari pengajaran yang dilakukan sejak dini, memberikan peneladanan yang baik dari kedua orang tua, memberikan membimbingan kepada anak, mencontohkan perbuatan baik pada anak atau memberikan pembiasaan yang membuat anak-anak pada suku Mandailing terasa nyaman dan terbiasa melakukan karakter yang baik, memberikan dorongan atau motivasi dan memberikan penegakan aturan.2)Beberapa faktor pendukung dalam menerapkan pendidikan karakter sosialmeliputi dukungan terhadap anak kepada hobinya dan keterampilan dan tentunya adanya perhatian orang tua, memasukkan ke sekolah atau madrasah, adanya jam tambahan untuk belajar seperti les atau rumah ngaji, dan memasuki perkumpulan-perkumpulan suku Mandailing.3) Adapun kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter sosial yaitu beberapa kendala-kendala diantaranya pengaruh globalisasi yang semakin pesat, kendala kurangnya orang yang bisa dicontoh, dan kendala pengaruh dari internet yang bisa mengakses apa yang diperlukan dan tayangan televisi

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:10
Last Modified: 22 Feb 2023 08:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17680

Actions (login required)

View Item View Item