Analisis Interaksi sosial Antara Guru Dan Siswa Kelas VIII Dalam Proses Pembelajaran IPS SMP Al-Washliyah 30 Medan

Riani, Lia (2022) Analisis Interaksi sosial Antara Guru Dan Siswa Kelas VIII Dalam Proses Pembelajaran IPS SMP Al-Washliyah 30 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Dll.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA + LAMPIRAN.pdf

Download (684kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi sosial antara guru dan siswa kelas VIII-1 dalam proses pembelajaran IPS di SMP Al-washliyah 30 Medan. Adapun yang dikaji penelitian adalah interaksi sosial antara guru dan siswa kelas VIII dalam proses pembelajaran IPS Di SMP Al-Washliyah 30 Medan, bentuk interaksi sosial yang terbangun antara guru dan siswa kelas VIII dalam proses pembelajaran IPS di SMP Al-Washliyah 30 Medan, faktor pendukung dan penghambat interaksi sosial antara guru dan siswa kelas VIII dalam proses pembelajaran IPS di SMP Al-Washliyah 30 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomologi dan merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisa data yang dilakukan dengan cara menelaa data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap terakhir dari analisa data ini mengadakan keabsaan data dengan menggunakan teknik kredibilitas (kepercayaan) yaitu keterikatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, teknik keterahlian, kebergantungan dan konfirmabilitas. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa: 1) interaksi sosial antara guru dan siswa kelas VIII dalam proses pembelajaran IPS dilakukan pada empat proses pembelajaran, interaksi yang dilakukan guru dan siswa kelas VIII-1 berjalan dengan baik, seperti saat, membuka, menjelaskan, berdiskusi, dan menutup proses pembelajaran. 2) Bentuk interaksi sosial yang terbangun antar guru dan siswa dalam proses pembelajaran IPS, bentuk Interaksi sosial yang terbangun guru dan siswa kelas VIII-1 yaitu kerjasama dan akomodasi dari bentuk kerjasama tersebut dapat dilakukan melalui berdiskusi untuk menciptakan suasana yang akrab dengan cara melakukan komunikasi, akomodasi memahami karakter siswa. 3) Adapun Faktor pendukung yang apabila tidak dilakukan akan menjadi faktor penghambat. Faktor pendukung tersebut adalah, guru harus mampu menguasi bahan ajar,mengelola program KBM, mengelola kelas,dan menggunakan Media belajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Guru , Siswa, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:45
Last Modified: 22 Feb 2023 04:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17656

Actions (login required)

View Item View Item