Pengaruh Alat Peraga Media Gerak Torso Terhadap Hasil Pembelajaran IPA Materi Organ Tubuh Manusia Disekolah Dasar 064964 P. Brayan Medan

Hasibuan, Lisa Maimunah (2022) Pengaruh Alat Peraga Media Gerak Torso Terhadap Hasil Pembelajaran IPA Materi Organ Tubuh Manusia Disekolah Dasar 064964 P. Brayan Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. Cover_

Download (514kB)
[img] Text
2. Bab I

Download (116kB)
[img] Text
3. Bab II
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
4. Bab III
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
5. Bab IV
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
6. Bab V

Download (38kB)
[img] Text
7. Daftar pustaka

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar peserta didik dengan menggunakan alat peraga media gerak torso terhadap hasil pembelajaran IPA materi organ tubuh manusia disekolah dasar 064964 P. Brayan Medan. 2) Hasil belajar tanpa menggunakan alat peraga media gerak torso terhadap hasil pembelajaran IPA materi organ tubuh manusia disekolah dasar 064964 P. Brayan Medan. 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara alat peraga media gerak torso dengan hasil pembelajaran IPA disekolah dasar 064964 P. Brayan Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga media gerak torso lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik yang diajarkan tanpa menggunakan alat peraga media gerak torso atau pembelajaran secara konvensional. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas eksperimen (V-A) dengan menggunakan alat peraga media gerak torso diperoleh rata-rata postest yaitu 12,10 sedangkan pada kelas kontrol (V-B) yang menggunakan pembelajaran secara konvensional atau pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga media gerak torso diperoleh rata- rata postest yaitu 9,29 dan nilai sig sebesar 0.000 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independen sample t test maka terdapat positif dan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap hasil pembelajaran IPA materi organ tubuh manusia disekolah dasar 0604964 P. Brayan Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Hasil Belajar dan Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:20
Last Modified: 22 Feb 2023 04:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17648

Actions (login required)

View Item View Item