Hasibuan, Lisa Maimunah (2022) Pengaruh Alat Peraga Media Gerak Torso Terhadap Hasil Pembelajaran IPA Materi Organ Tubuh Manusia Disekolah Dasar 064964 P. Brayan Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
1. Cover_ Download (514kB) |
|
Text
2. Bab I Download (116kB) |
|
Text
3. Bab II Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
|
Text
4. Bab III Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
5. Bab IV Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
6. Bab V Download (38kB) |
|
Text
7. Daftar pustaka Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar peserta didik dengan menggunakan alat peraga media gerak torso terhadap hasil pembelajaran IPA materi organ tubuh manusia disekolah dasar 064964 P. Brayan Medan. 2) Hasil belajar tanpa menggunakan alat peraga media gerak torso terhadap hasil pembelajaran IPA materi organ tubuh manusia disekolah dasar 064964 P. Brayan Medan. 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara alat peraga media gerak torso dengan hasil pembelajaran IPA disekolah dasar 064964 P. Brayan Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga media gerak torso lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik yang diajarkan tanpa menggunakan alat peraga media gerak torso atau pembelajaran secara konvensional. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas eksperimen (V-A) dengan menggunakan alat peraga media gerak torso diperoleh rata-rata postest yaitu 12,10 sedangkan pada kelas kontrol (V-B) yang menggunakan pembelajaran secara konvensional atau pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga media gerak torso diperoleh rata- rata postest yaitu 9,29 dan nilai sig sebesar 0.000 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independen sample t test maka terdapat positif dan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap hasil pembelajaran IPA materi organ tubuh manusia disekolah dasar 0604964 P. Brayan Medan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga, Hasil Belajar dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 04:20 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 04:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17648 |
Actions (login required)
View Item |