Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak di RA Nurul Hadina-II Jalan Selamat Sitirejo III Kecamatan Medan Amplas Tahun Ajaran 2021/2022

Ramadhani, Lutfia (2022) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak di RA Nurul Hadina-II Jalan Selamat Sitirejo III Kecamatan Medan Amplas Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER LUTFIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Lutfia Ramadhani.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II Lutfia Ramadhani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III Lutfia Ramadhani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV Lutfia Ramadhani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V Lutfia Ramadhani.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kreativitas anak usia dini (2) Upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini (3) Faktor pendukung dan penghambat mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA Nurul Hadina-II Jalan Selamat Sitirejo III Kecamatan Medan Amplas Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di RA Nurul Haina-II Jl. Selamat Sitirejo III Kec. Medan Amplas pada tanggal 13 Desember 2021, jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data ini menggunakan Wawancara, Dokumentasi dan Observasi, penelitian ini melibatkan 2 orang guru dan 16 peserta didik. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak Usia Dini sebagai berikut : 1) kreativitas anak mulai berkembang, yaitu anak mulai dapat mengingat gerakan tarian, menghentakkan kaki, tangan dan anggota tubuh lainnya seseuai ritme, mengutarakan pendapatnya kepada guru, mengajak berbicara teman sekelompoknya dan berekspresi senyum disepanjang menari. Kreativitas dibidang menari yang paling baik di RA ini yaitu mengajak berbicara teman sekelompoknya dan kreativitas yang paling buruk ialah mengingat gerakan tarian dan mengutarakan pendapatnya kepada guru. 2) guru menggunakan cara untuk mengembangkan kreativitas seperti menari dan bernyanyi dan bertepuk tangan. 3) faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas anak dalam kegiatan menari yaitu lingkungan yang kondusif, baik lingkungan sekolah maupun keluarga. Sedangkan faktor penghambat kreativitas anak dalam kegiatan menari yaitu kekurangannya APE dan ada sebagian anak yang masih tidak bisa fokus dalam menerima arahan kegiatan menari dan masih ada anak yang lamban mengingat gerakan tarian, dan bahkan ada anak ABK yang ikut dalam kegiatan menari. Juga kurangnya motivasi dari kepala sekolah kepada guru membuat guru menjadi malas untuk membuat media pembelajaran. Jadi kreativitas anak usia dini di RA Nurul Hadina-II sudah cukup baik tetapi belum berkembang sesuai harapan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Feb 2023 04:06
Last Modified: 21 Feb 2023 04:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17604

Actions (login required)

View Item View Item