Pengaruh Permainan Acak Geometri Terhadap Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Bentuk pada Usia 4-5 Tahun di RA. Nursyahida Desa Aras Kabu Kec. Beringin Kab. Deli Serdang.

Afni, Nur (2022) Pengaruh Permainan Acak Geometri Terhadap Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Bentuk pada Usia 4-5 Tahun di RA. Nursyahida Desa Aras Kabu Kec. Beringin Kab. Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover-Daftar gambar.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) meneliti apakah permainan acak geometri berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk pada usia 4-5 tahun di RA. Nursyahida (2) meneliti apakah metode konvensional berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak di RA. Nursyahida (3) meneliti apakah terdapat perbedaan pengaruh permainan acak geometri dan metode konvensional terhadap kemampuan kognitif anak di RA. Nursyahida. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan selama 2 minggu. Penelitian dilaksanakan di RA. Nursyahida Desa Aras Kabu pada anak usia 4-5 tahun. Data yang dihasilkan melalui observasi dan dokumentasi. Melalui perenelitian maka dapat ditemukan bahwa: (1) Ada pengaruh permainan acak geometri terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun RA. Nursyahida Desa Aras Kabu. Hal ini dibuktikan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pre test 3,53 dan nilai rata-rata post test 10,46. (2) Ada pengaruh metode konvensional terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun RA. Nursyahida Desa Aras Kabu. Hal ini dibuktikan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata pre test 2,93 dan post test 8,26. (3) Maka terdapat perbedaan pengaruh permainan acak geometri dan metode konvensional terhadap perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk pada usia 4-5 tahun di RA Nursyahida. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, diketahui nilai post test dari kelas kontrol dan kelas eksperimen nilai thitung= 3,7155 dengan taraf α = 0,05 didapat tabel t pada dt 15 diperoleh nilai ttabel = 2,048. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung>ttabel, sehingga hasil penelitian adalah signifikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kognitif, acak geometri.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:45
Last Modified: 21 Feb 2023 03:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17599

Actions (login required)

View Item View Item