Andrian, Nanda (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Kalimat Tanya Di Kelas V Mis Bidayatul Hidayah Kec. Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.
Text
cover (1).pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (238kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran Teka Teki Silang pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat tanya. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development) Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap yaitu analysis (Analisis), desigh (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V MIS Bidayatul Hidayah yang berjumlah 32 peserta didik. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket untuk melihat pengembangan, kevalidan, kepraktiasn media dan tes hasil belajar peserta didik untuk melihat kepraktisan dari media yang dikembangkan.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil analisis angket validasi media yang diberikan oleh ahli media nilai yaitu 88% dengan kategori sangat valid/sangat layak. Dan ahli materi diperoleh nilai 75% dengan kategori valid/layak. Hasil analisis angket respon peserta didik diperoleh nilai 92% dengan kategori sangat praktis dan nilai rata-rata N-Gain sebesar 84,189% yang menandakan bahwa media pembelajaran Teka Teki Silang yang dikembangkan ini efektif.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Teka Teki Silang, ADDIE |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 08:24 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 08:24 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17594 |
Actions (login required)
View Item |