Sukmawati, Sukmawati (2022) Penerapan Permainan Monopoli dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak di PAUD Miftahul Jannah Desa Tegal Sari. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (277kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (295kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (SUKMAWATI).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Penerapan Permainan Monopoli dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak di PAUD Miftahul Jannah Desa Tegal Sari”. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan permainan monopoli dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak di PAUD Miftahul Jannah Desa Tegal Sari. 2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penerapan permainan monopoli dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak di PAUD Miftahul Jannah Desa Tegal Sari. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas A PAUD Miftahul Jannah dengan jumlah anak 14 orang. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan berhitung permulaan anak di PAUD Miftahul Jannah Desa Tegal Sari sudah berkembang sesuai harapan, tetapi ada satu anak yang tidak berkembang karena disebabkan gangguan ADHD. Dilihat dari indikator pencapaian perkembangan kemampuan berhitung permulaan anak yaitu mengenal konsep bilangan, mengenal lambang bilangan, menghubungkan konsep bilangan dan menentukan banyak sedikit suatu benda. Faktor yang mempengaruhi penerapan permainan monopoli dalam perkembangan kemampuan berhitung anak terbagi menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu media permainan monopoli menjadi pembelajaran yang menarik perhatian anak, tidak mudah bosan, bersemangat dalam belajar sehingga kemampuan berhitung anak berkembang dari yang sebelumnya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu anak sulit mengendalikan emosi dan anak yang memiliki gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) yaitu anak yang sulit fokus.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 04:08 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 04:08 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17582 |
Actions (login required)
View Item |