Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SD Swasta Islamiyah Kecamatan Sunggal

Devi, Citra (2022) Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SD Swasta Islamiyah Kecamatan Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER CITRA.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SD Swasta Islamiyah Kecamatan Sunggal”, yang dilatarbelakangi bahwa munculnya perilaku tidak disiplin siswa di sekolah mengindikasikan bahwa adanya masalah yang serius. Untuk itu perlu adanya tindakan pendisiplinan terhadap peserta didik yang tidak patuh aturan yang telah ditetapkan sekolah agar peserta didik bisa berprestasi serta sukses pada sistem belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi seperti peraturan-peraturan yang ada di sekolah. Subjek penelitian adalah pimpinan yayasan, guru dan siswa kelas V SD Swasta Islamiyah yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan pembentukan karakter disiplin siswa dengan enam peran (1) guru sebagai pengajar dan pendidik, (2) guru sebagai pembimbing, (3) guru sebagai pengarah, (4) guru sebagai pelatih, (5) guru sebagai penilai, (6) guru sebagai teladan. Dalam pembentukan karakter disiplin juga terdapat faktor pendukung dan penghambat. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka guru sudah melakukan perannya dengan baik, layak untuk diterapkan oleh guru sebagai satu solusi untuk membentuk karakter disiplin siswa di sekolah dasar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teacher’s Role, Character Building, Discipline.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Feb 2023 08:08
Last Modified: 17 Feb 2023 08:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17563

Actions (login required)

View Item View Item