Aisyah, Siti (2021) Analisis Semiotika Foto Jurnalistik Pada Media Online Instagram @pfimedan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER (1).pdf Download (377kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
Abstract
Foto jurnalistik berperan penting dalam pelaporan suatu peristiwa yang sangat penting dan perlu juga diketahui oleh banyak orang, karena menyangkut kehidupan disekitar kita.Membaca dan memahami makna pada sebuah foto membutuhkan interpretasi dari para penikmat foto secara mendalam, mengkaji karya foto tersebut merujuk pada kajian semiotika yang merupakan sebuah metode dalam memaknai tanda atau simbol. Foto jurnalistik membutuhkan suatu medium penyampai pesan pada khalayak, lebih mendalam medium tersebut dapat berupa media online yang dikategorikan didalamnya adalahinstagram.Dari latar belakang diatas penulis ingin mengetahui apa makna denotasi, konotasi dan mitos pada akun instagram @pfimedan tersebut.Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan spesifikasi penelitian analisis semiotika model Roland Barthes yang mengacu terhadap dua tanda (konotasi dan denotasi) kemudian menghasilkan mitos agar bisa memahami makna foto jurnalistik pada akun instagram @pfimedan. Dari hasil analisis peneliti disimpulkan bahwa sebuah foto bukan hanya sekedar sebuah alat pengabadi momen, tetapi terdapat didalamnya ada sebuah pesan (berita) serta makna terdalam yang semua orang belumtentu memahaminya. Melalui foto-fotodi akun instagram @pfimedan menggambarkan segala kejadian/pristiwa yang terjadi dikotaMedan yang diabadikan langsung oleh para wartawan-wartawan yang sudah berkompeten dibidangnya.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Foto Jurnalistik, Instagram |
Subjects: | 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 05:01 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 05:01 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17541 |
Actions (login required)
View Item |