Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kamus Mudrodat Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Karo

Ginting, Refiani Br (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kamus Mudrodat Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Karo. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER _ REFIANI 1.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB 1 _ REFIANI.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB 2 _ REFIANI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB 3 _ REFIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
BAB 4 _ REFIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
BAB 5 _ REFIANI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA _ REFIANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini terdapat permasalahan maka tujuan penelitian ini yaitu untuk : 1) menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran berbasis kamus kosa kata Bahasa Arab, 2) menjelaskan tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis kamus kosa kata Bahasa Arab, 3) menjelaskan evektivitas media kamus kosa kata untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab. Adapun jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan kualitatif- kuantitatif serta menggunakan model penelitian ADDIE. Alat pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara, validasi ahli materi dan media, serta lembar tes yang berupa pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik, beserta angket siswa dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab menggunakan kamus kosa kata memiliki tingkat keefektifan dan kemenarikan yang tinggi, diketahui dari adanya peningkatan minat belajar peserta didik dalam menggunaan kamus kosa kata. Dari uji coba yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan menggunakan kamus kosa kata peserta didik dapat lebih mudah memahami pembelajaran bahasa Arab, selain itu jumlah hafalan mufrodat peserta didik meningkat dari jumlah hafalan peserta didik sebelum menggunakan kamus kosa kata. Maka dari itu pengembangan media pembelajaran berbasis kamus kosa kata ini efektif dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Kamus Kosa Kata
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:28
Last Modified: 17 Feb 2023 03:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17526

Actions (login required)

View Item View Item