Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa selama Masa Pandemi Di MTs Madinatussalam

Tasya, Nur Rahvina (2022) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa selama Masa Pandemi Di MTs Madinatussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Dkk Nur Rahvina Tasya.pdf

Download (915kB)
[img] Text
BAB I Nur Rahvina Tasya.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB II Nur Rahvina Tasya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III Nur Rahvina Tasya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV Nur Rahvina Tasya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
BAB V Nur Rahvina Tasya.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Nur Rahvina Tasya.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tujuan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan belajar di masa pandemi, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permasalahan belajar siswa di masa pandemi, untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan belajar siswa di masa pandemi, serta untuk mengetahui hambatan-hambatan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan belajar siswa selama masa pandemi di MTs Madinatussalam. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling, guru bidang study, dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa permasalahan belajar siswa MTs Madinatussalam di masa pandemi ini adalah kurangnya kehadiran siswa, minat belajar yang berkurang, dan kurang maksimal materi yang yang disampaikan oleh guru menyebabkan siswa sulit memahami materi, faktor yang mempengaruhi permasalahan belaja siswa MTs Madinatussalam di masa pandemi itu terdiri dari dua faktor yaitu faktor intern siswa dan faktor ekstern siswa, peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan belajar siswa MTs Madinatussalam di masa pandemi sanagt berperan penting untuk siswa dalam mengatasi permasalahan belajar siswa, guru bimbingan dan konseling memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa yang di ampuhnya, hambatan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan belajar siswa MTs Madinatussalam di masa pandemi kurangnya kerja sama dengan orang tua dan penghambat lainnya itu pada saat siswa yang masih takut untuk menjumpai guru bimbingan dan konseling untuk menceritakan masalah yang dihadapainya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Permasalahan Belajar, Pandemi COVID-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:37
Last Modified: 16 Feb 2023 08:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17519

Actions (login required)

View Item View Item