Pengembangan modul pembelajaran berbasis metode komunikatif pada siswa kelas VIII MTs.S Manunggal Bdr. Khalipah

Albantany, Fadhilah Husna (2021) Pengembangan modul pembelajaran berbasis metode komunikatif pada siswa kelas VIII MTs.S Manunggal Bdr. Khalipah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (893kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (433kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Modul pembelajaran merupakan media yang digunakan untuk membantu guru dalam menerapkan proses pembelajaran bahasa Arab. adapun tujuan dari penelitian ini yakni: 1). Unuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan modul pembelajaran berbasis metode komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab. 2). Untuk mendeskripsikan pendapar para ahli mengenai modul pembelajaran berbasis metode komunikatif dalam pembelajaran bahasa arab. 3). Untuk mendeskripsikan hasil uji coba pengembangan modul pembelajaran berbasis metode pembelajaran komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTs. Manunggal Bandar Khalipah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan yakni berupa wawancara, observasi, pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Pengembangan modul pembelajaran bahasa Arab berbasis metode komunikatif ini menerapkan model ADDIE dengan lima tahap dalam proses pengemabangannya. 2). Hasil penelitian ahli produk mendapatkan nilai 4,4 dalam perhitungan validasi maka media ini dinyatakan sangat layak untuk di ujicobakan. 3). Hasil uji coba produk yang diterapkan di MTs. Manunggal bandar khalipah menunjukan adanya perubahan yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII dapat dilihat melalui peningkatan nilai pre-test dan post-test dengan selisih nilai sebesar 21,4 poin.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran, metode komunikatif, pembelajaran bahasa Arab.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:39
Last Modified: 16 Feb 2023 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17495

Actions (login required)

View Item View Item