Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Strategi Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Organ Pencernaan Hewan dan Manusia pada Siswa Kelas V SD Negeri Kandang Mbelang, Kecamatan Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara

Ramud, Fitria Maulida (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Strategi Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Organ Pencernaan Hewan dan Manusia pada Siswa Kelas V SD Negeri Kandang Mbelang, Kecamatan Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI FITRIA MAULIDA RAMUD.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB I FITRIA MAULIDA RAMUD.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II FITRIA MAULIDA RAMUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB III FITRIA MAULIDA RAMUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV FITRIA MAULIDA RAMUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAlB V FITRIA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FITRIA MAULIDA RAMUD.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan Strategi pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA, Mengetahui hasil belajar siswa dapat menggunakan Strategi Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA, dan mengetahui respon siswa Pada Strategi Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Didalam pendekatan setiap siklus menggunakan: Perencanaan, perencanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kandang Mbelang tepatnya di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi yaitu tes, observasi dan wawancara singkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPA dengan materi organ pencernaan hewan dan manusia mengalami peningkatan setelah dilaksanakan strategi Discovery Learning di setiap siklus yang dilakukan oleh peneliti. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan nilai rata-rata disetiap siklusnya. Hasil belajar siswa sebelum diterapkan strategi Discovery Learning ini hanya memperoleh nilai muai dari pre test ketuntasan siswa berkisar 20,83% dan siswa yang tidak tuntas berkisar 83,33%. Kemudia di post test siklus I ketuntasan siswa berkisar 41,66% sedangkan siswa yang tidak tuntas berkisaran 58,37%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi nilai 91,66%, nilai ini telah melewati KKM di kelas V SD Negeri Kandan Mbelang yaitu 70. Dan respon siswa pada saat penerapan strategi ini yaitu baik sekali, karena mereka juga senang belajar IPA dengan menggunakan strategi Discovery Learning ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar dan Strategi Discovery Learning, Siswa Kelas V SD Negeri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2023 08:37
Last Modified: 14 Feb 2023 08:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17443

Actions (login required)

View Item View Item