Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Outbound Di RA Al-Hijrah Kecamatan Sei Rampah Serdang Bedagai

Muntaza, Rizka Dina Laita (2022) Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Outbound Di RA Al-Hijrah Kecamatan Sei Rampah Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun sebelum kegiatan outbound, pelaksanaan pembelajaran dengan kegiatan outbound dalam perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun, perkembangan sosial anak usia 5- 6 tahun setelah kegiatan outbound. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun sebelum kegiatan outbound, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan kegiatan outbound dalam perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun, untuk mengetahui perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun sesudah kegiatan outbound Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek yang digunakan 12 orang anak 5-6 tahun RA Al Hijrah Sei Rampah. Penelitian ini menggunakan metode bermain outbound untuk merangsang perkembangan sosial anak usia 5-6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sosial awal anak usia 5-6 tahun di RA Al Hijrah masih dalam tahap perkembangan belum berkembang 25% dan mulai berkembang 75 %. Perkembangan sosial anak setelah menggunakan metode bermain outbound mengalami peningkatan pada siklus I menunjukkan 11 dari 12 anak mendapatkan kategori MB (91.7%) dan 1 dari 12 anak mendapatkan kategori BSH (8.3%). Siklus II mendapatkan 10 dari 12 anak mendapatkan nilai perkembangan BSH (83.3%) dan 2 dari 12 anak mendapatkan BSB (16.7%). Hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa metode bermain outbound baik diterapkan pada kegiatan belajar anak khusunya pada kegiatan yang meningkatkan sosial anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial, Metode Bermain, Outbound
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:11
Last Modified: 14 Feb 2023 06:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17438

Actions (login required)

View Item View Item