Desain Kamus Bahasa Arab Pendukung Buku Ajar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VII MTs Darul Ilmi Batang Kuis

Hasanah, Maulidah (2022) Desain Kamus Bahasa Arab Pendukung Buku Ajar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VII MTs Darul Ilmi Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi Maulidah Hasanah.pdf

Download (702kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Daftar pustaka dan Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk kamus bahasa arab pendukung buku ajar siswa. Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah bahwa peneliti melihat kurangnya minat siswa dalam mengusai kosa kata bahasa arab terutama pada kosa kata baru.. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan desain kamus bahasa Arab pendukung buku ajar siswa kelas VII MTs Darul Ilmi Batang Kuis. Penelitian ini menggunakan metode Risearch and Develoment (R&D) dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner (angket). Peneliti menggunakan prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono. Pada tahap pengembangan meliputi tahap pencarian potensi masalah, mengumpulkan data informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, perbaikan produk. Pengumpulan data penelitian di peroleh dengan cara observasi, angket, penilaian ahli, dan pretest dan postest. Berdasarkan hasil uji coba produk, secara umum kamus bahasa arab pendukung buku ajar siswa di MTs darul Ilmi Batang Kuis telah memiliki kualitas yang baik dengan perolehan hasil validasi oleh ahli media menunjukkan 95% menyatakan sangat valid, hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan 94% menyatakan sangat valid dan yang diperoleh nilai pre-test 66,4 peningkatan nilai post-test dengan rata-rata 90,6.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain, Kamus Bahasa Arab, Buku Ajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:44
Last Modified: 14 Feb 2023 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17430

Actions (login required)

View Item View Item