Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru Di SMP Swasta Nurul Hadina Kecamatan Patumbak

Pulungan, Rini Marlina (2022) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru Di SMP Swasta Nurul Hadina Kecamatan Patumbak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER RINI PULUNGAN.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB I RINI PULUNGAN.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB II RINI MARLINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB III RINI MARLINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV RINI MARLINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V RINI MARLINA .pdf

Download (337kB)
[img] Text
DAFTARR PUSTAKA DAN LAMPIRAN RINI MARLINA PULUNGANN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui tentang bagaimana Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan (2) untuk mengetahui tentang bagaimana Profesional Guru: (3) untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Transformasinal kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di SMP Swasta Nurul Hadina Kecamatan Patumabak. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SMP Swasta Nurul Hadina Kecamatan Patumabak. dengan jumlah 20 orang, dengan sampel keseluruhan populasi atau total sampling.. Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala Likert. Dalam penelitian ini untuk mengolah data dari hasil penelitian ini dilakukan dengan metode regresi linier sederhana dan dengan bantuan program SPSS versi 20. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik analisis korelasi dan regresi yang telah memenuhi persyaratan yang dikehendaki yakni : (1) uji normalitas masing-masing data, (2) uji linieritas, dan (3) uji homogenitas data. Temuan penelitian menunjukkan : koefisien korelasi antara variabel Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X) dengan Profesionalisme guru (Y) sebesar 0,979 dengan demikian hubungan keduanya tergolong kuat dan koefisien determinasinya sebesar 0,959 artinya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X) memberikan pengaruh terhadap Profesionalisme guru (Y) sebesar 95,9 %. Melalui uji t yang telah dilakukan ternyata diperoleh t hitung = 20,578 sedangkan nilai t tabel = 2,101. Oleh karena t hitung (20,578) > t tabel (2,101), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan Profesionalisme guru di SMP Swasta Nurul Hadina Kecamatan Patumbak dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis regresi Ŷ = 4,852 + 0,886 X. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah mempunyai pengaruh dan berhubungan yang positif dan signifikan terhadap Profesionalisme guru di SMP Swasta.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transpormasional Kepala Sekolah, Profesional Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:08
Last Modified: 14 Feb 2023 03:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17417

Actions (login required)

View Item View Item