Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 105350 Perbarakan

Noviyanti, Dwi (2022) Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 105350 Perbarakan. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gadget adalah sebuah alat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus dibandingkan elektronik lainnya, yang dapat mempermudah manusia dalam segala hal. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar, baik mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diberikan kepada siswa. Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu program Pendidikan yang pada pokoknya mempersoalkan manusia dalam lingkungan fisik maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana intensitas penggunaan gadget pada siswa dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN 105350 Perbarakan. Metode penelitian yang digunakan dilihat dari jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, serta dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, test, angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank yang diperoleh hasilnya dari test yang telah dilakukan oleh siswa. Dari hasil penelitian terlihat bahwa intensitas penggunaan gadget pada siswa kelas V di SDN 105350 Perbaakan, termasuk kedalam kategori sedang yaitu sebanyak 50%. Sedangkan, hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 40,50 (pretest) dan 59 (post test). Maka berdasarkan hasil dari uji Wilcoxon Signed Ranks diperoleh nilai asymptotik sig. (2-tailed) untuk menguji dua arah diperoleh 0,000 karena sig ≤ 0,05, ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN 105350 Perbarakan adalah signifikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Feb 2023 08:33
Last Modified: 10 Feb 2023 08:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17386

Actions (login required)

View Item View Item