Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal KPK dan FPB dengan Metode Learning Tournament di SD Negeri 7 Putri Betung Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Luis

Sari, Sauma (2022) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal KPK dan FPB dengan Metode Learning Tournament di SD Negeri 7 Putri Betung Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Luis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. SKRIPSI COVER.pdf

Download (767kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
SKRIPSI LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal KPK dan FPB sebelum menggunakan metode Learning Tournament di SD Negeri 7 Putri Betung. 2) Untuk mengetahui hasil pemahaman siswa terhadap konsep dalam menyelesaikan soal KPK dan FPB setelah menggunakan metode Learning Tournament. Jenis penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah peneliti dan objek yang diteliti adalah siswa kelas 5 SD N 7 Putri Betung. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 35 siswa. Berdasararkan hasil penelitian dapat di simpulkan: 1) Pembelajaran sebelum menggunakan metode Learning Turnament terbukti pada hasil observasi siswa yaitu 53,84% dan 76,92%.2) Pembelajaran setelah menggunakan metode Learning Tournamentmengalami peningkatan mencapai 88,46% dan 100%, pada tes siklus I siswa tuntas KKM mencapai 20% dan 80% tidak mencapai KKM. Hasil pemahaman konsep menggunakan metode Learning Tournament pada siklus II pada indikator penerjemahan mencapai 80,28% dan indikator interpretasi 74,85% dan indikator ekstrapolasi 76%, hal ini terjadi peningkatan yang cukup tinggi pada ketiga indikator terutama pada indikator ekstrapolasi pemahaman konsep siswa naik berkisar 39,62%. Dengan demikian dari data yang diperoleh maka metode Learning Tournament mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas 5 dalam menyelesaikan soal KPK dan FPB serta mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dikelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Tournament, Meningkatkan Pemahaman, Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Feb 2023 09:01
Last Modified: 09 Feb 2023 09:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17358

Actions (login required)

View Item View Item