Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran STEAM di TK Syarif Ar-Rasyid

Juliani, Juliani (2022) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran STEAM di TK Syarif Ar-Rasyid. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI JULIANI.pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI JULIANI.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI JULIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI JULIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI JULIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI JULIANI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting untuk ditingkatkan sejak usia dini. Dengan adanya kreativitas seseorang akan memunculkan sebuah gagasan maupun ide baru, atau mencampurkan kedua hal tersebut. Untuk meningkatkan kreativitas tersebut sudah seharusnya guru dapat menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik sebagai sarana untuk menyampaikan materi pembelajaran yang akan disampaikan agar anak menjadi lebih tertarik dan merasa senang untuk mempelajarinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran STEAM dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Syarif Ar-Rasyid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan Model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan penugasan, lembar pengamatan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dianggap berhasil apabila 80% anak, tingkat kreativitasnyaberada kriteria Berkembang sangat baik (BSB) dan Berkembang sesuai harapan (BSH). Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil presentase pencapaian setiap anak dengan presentase keberhasilan yang telah ditentukanpeneliti pada setiap siklusnya dan analisis interkatif yaitu analisis dimulai dari awal sampai berakhirnya pengumpulan data.Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kreativitas anak melalui pembelajaran STEAM. Peningkatan kreativitas anak pada pra siklus mencapai 16,66%, siklus I meningkat menjadi 61,53%, siklus II meningkat mencapai 84,61%. Selain itu dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pemebelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam peningkatan kreativitas anak melalui pembelajaran STEAM ini. Dengan demikian dapat terbukti bahwa penerapan pembelajaran STEAM dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 Tahun di TK Syarif Ar-Rasyid.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, STEAM
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:29
Last Modified: 07 Feb 2023 06:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17329

Actions (login required)

View Item View Item