Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Perilaku Agresif Anak Usia Sekolah di SDN 196 Manambin Kabupaten Mandailing Natal

Ulfah, Nurdiana (2022) Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Perilaku Agresif Anak Usia Sekolah di SDN 196 Manambin Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER Nurdiana-1.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB I Nurdiana.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB II Nurdiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB III Nurdiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB IV Nurdiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V _Nurdiana.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Nurdiana.pdf

Download (794kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya adanya perilaku agresif yang dilakukan oleh siswa SDN 196 Manambin Kabupaten Mandailing Natal yaitu mengejek, mencubit, menampar, bahkan berkelahi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan interaksi teman sebaya dengan perilaku agresif anak usia sekolah di SDN 196 Manambin Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini berjenis Kuantitatif korelasional dengan sampel berjumlah 47 siswa yang menggunakan teknik pengambilan sampel incidental sampling di SDN 196 Manambin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Angket dengan menghitung skor distribusi frekuensi masing- masing variabel untuk mengetahui interaksi teman sebaya dan perilaku agresif. Adapun teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi pearson product moment untuk mengetahui hubungan interaksi teman sebaya dengan perilaku agresif anak usia sekolah di SD tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa besar tingkat interaksi teman sebaya dikategorikan tinggi, nilai rata-rata yaitu 3,09. Besar tingkat perilaku agresif dikategorikan tinggi pula, nilai rata-rata yaitu 3,1. Kemudian hasil uji korelasi interaksi teman sebaya dengan perilaku agresif anak usia sekolah didapatkan nilai r hitung 0,781 dan nilai r tabelnya 0,288, dengan signifikansi hitung 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan, terdapat korelasi atau hubungan positif antara interaksi teman sebaya dengan perilaku agresif anak usia sekolah di SDN 196 Manambin, ini berarti Ha diterima dimana Ha: Terdapat hubungan interaksi teman sebaya dengan perilaku agresif anak usia sekolah di SDN 196 Manambin.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Teman Sebaya, Perilaku Agresif, Product Moment
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:14
Last Modified: 07 Feb 2023 06:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17326

Actions (login required)

View Item View Item