Efektifitas Video Animasi Dan Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Sarapan Pagi Di Wilayah Pesisir Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman

Putri, Novia Yuliade (2022) Efektifitas Video Animasi Dan Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Sarapan Pagi Di Wilayah Pesisir Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Lengkap Novia Yuliade Putri.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB I Novia Yuliade Putri..pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II Novia Yuliade Putri..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Novia Yuliade Putri..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Novia Yuliade Putri..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Novia Yuliade Putri..pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Novia Yuliade Putri..pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Sarapan pagi dapat dijadikan sebagai asupan energi penggerak atau pendorong bagi siswa melakukan aktivitas. Sarapan membantu otak bekerja secara optimal serta mampu meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi sehingga meningkatkan prestasi belajar. Seringkali sarapan diabaikan dengan alasan terlambat bangun pagi, tidak ada yang menyiapkan sarapan pagi, serta tidak selera makan. Tujuan Penelitian: menganalisis efektifitas media video animasi dan booklet terhadap pengetahuan dan sikap tentang sarapan pagi di Wilayah Pesisir Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman. Metode: Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pre-test dan post-test design. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 46 siswa. Pengumpulan data menngunakan kuesioner dengan analisis Uji Wilcoxon dan Uji Man Whitney. Hasil: hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa media video animasi dan media booklet efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar tentang sarapan pagi di SDN 17 Batang Gasan berdasarkan pemberian pre-test dan post-test setelah mendapatkan intervensi hal ini dibuktikan dengan nilai signifikasi 0.000 < 0.05. Kesimpulan: media booklet lebih efektiv dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar di SDN 17 Batang Gasan tentang Sarapan pagi daripada media video animasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sarapan Pagi, media video animasi dan booklet, pengetahuan, sikap
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:49
Last Modified: 03 Feb 2023 03:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17305

Actions (login required)

View Item View Item