Pengaruh Penerapan Strategi Modelling The Way Terhadap Kemampuan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Shalat Jamak Dan Qasar Kelas Vii Smp Muhammadiyah 21 Serbalawan

SURIN, NUR AISYAH (2022) Pengaruh Penerapan Strategi Modelling The Way Terhadap Kemampuan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Shalat Jamak Dan Qasar Kelas Vii Smp Muhammadiyah 21 Serbalawan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
COVER WORD 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Modelling The Way terhadap kemampuan pemahaman belajar siswa VII SMP Muhammadiyah 21 Serbalawan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimen. Subjek penelitian berjumlah 67 orang siswa dengan menggunakan 2 kelas, yang mana kelas VII C berjumlah 35 siswa di jadikan kelas eksperimen yang diberi perlakuan yaitu belajar dengan menggunakan strategi Modelling The Way. Sedangkan pada kelas VII D yang berjumlah 32 siswa dijadikan sebagai kelas kontrol, yaitu belajar dengan menggunakan strategi konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan tes, yang berupa pre test dan pos test dengan soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Hasil uji normalitas pada kedua sampel menunjukkan data berdistribusi dan pada uji homogenitas data bervarians sama atau homogen. Berdasarkan data yang diperoleh, skor rata-rata siswa pada kelas eksperimen sebesar 44,28, sedangkan skor rata-rata siswa pada kelas kontrol sebesar 39,06. Dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan strategi Modelling The Way terhadap kemampuan pemahaman belajar siswa maka dilakukan uji t dengan bantuan program SPSS 25 for windows. Berdasarkan nilai Thitung diketahui nilai sebesar 5,480 > 1,669 Ttabel, dengan signifikan 0,000 < 0,05, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha yaitu terdapat pengaruh penerapan strategi Modelling The Way terhadap kemampuan pemahaman belajar siswa pada materi shalat jamak dan qasar di SMP Muhammadiyah 21 Serbalawan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Modelling The Way dan kemampuan pemahaman belajar siswa
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:39
Last Modified: 02 Feb 2023 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17270

Actions (login required)

View Item View Item