Hubungan Karakteristik Ibu Balita Dan Peran Kader Dengan Kunjungan Kegiatan Posyandu Di Desa Gunung Selamat Labuhan Batu

Iqmalia, Nadya (2022) Hubungan Karakteristik Ibu Balita Dan Peran Kader Dengan Kunjungan Kegiatan Posyandu Di Desa Gunung Selamat Labuhan Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DAN HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (979kB)

Abstract

Posyandu di Desa Gunung Selamat menunjukkan tingkat kunjungan yang masih rendah (66%) dan belum mencapai target (90%) dikarenakan belum optimalnya kehadiran ibu balita di posyandu sehingga banyak balita yang tidak terpantau keadaan gizinya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya kunjungan balita pada kegiatan posyandu di Desa Gunung Selamat antara lain, ibu yang bekerja dan tidak memiliki waktu, kurangnya pengetahuan ibu balita terhadap apa saja manfaat pelayanan kesehatan di posyandu, dan kurangnya informasi mengenai pelayanan kesehatan posyandu yang diberikan kader terhadap ibu balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik ibu balita dan peran kader dengan kunjungan kegiatan posyandu di Desa Gunung Selamat. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu ibu balita di 4 Posyandu Gunung Selamat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 responden dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Lameshow. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik chisquare. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara umur ibu balita (p=0,025), pengetahuan ibu balita (p=0,003), pendidikan ibu balita (p=0,001), sikap ibu balita (p=0,008) dan peran kader (p= 0,000) dengan kunjungan ibu balita dalam kegiatan posyandu (p < 0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik ibu balita dan peran kader dalam kegiatan posyandu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Ibu Balita, Peran Kader, Kunjungan Kegiatan Posyandu
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 01 Feb 2023 05:25
Last Modified: 04 Oct 2023 02:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17222

Actions (login required)

View Item View Item