Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Aud Melalui Media Kartu Angka Bergambar Di Paud As-Sunnah

Nuhara, Wenti (2022) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Aud Melalui Media Kartu Angka Bergambar Di Paud As-Sunnah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
COVER WENTI NUHARA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I WENTI NUHARA.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB II WENTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III WENTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV WENTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V WENTI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WENTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Kemampuan berhitung permulaan anak Usia 5-6 tahun sebelum menggunakan media kartu angka bergambar di PAUD As-Sunnah, 2) Pelaksanaan penggunaan media kartu angka bergambardalammeningkatkan kemampuan berhitung permulaan, 3) Kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun sesudah menggunakan media kartu angka bergambar di PAUD As-Sunnah.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek pada penelitian ini anak berusia 5-6 tahun berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Target keberhasilan apabila peresentase keseluruhan 80% anak mengalami peningkatan berhitung permulaan dengan menggunakan media kartu angka bergambar. Hasil penelitian yang diperoleh selama Pra Siklus yaitu 39,99% atau dengan nilai rata-rata 9,6, hal ini menunjukkan kemampuan berhitung permulaan anak tergolong rendah atau belum berkembang. Penelitian ini dilakukan dengan dua tindakan yaitu Siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini mendapatkan peningkatan pada Siklus I setelah melakukan tindakan mendapatkan hasil 67,38% atau nilai ratarata 16,4.Pada Siklus I anak masih penasaran dengan media kartu angka bergambar yang mereka lihat sehingga kurang fokus dengan penjelasan guru dan belum bisa kondusifnya kelas, akan tetapi di hari berikutnya anak mulai mendengarkan penjelasan guru. Penelitian dilanjutkan kembali pada Siklus II dengan lebih memperhatikan peserta didik dengan duduk berbentuk lingkaran sehingga memudahkan peneliti menyampaikan materi dan lebih kondusifnya dalam pembelajaran, dengan ini pada Siklus II memperoleh peningkatan 84,59% atau nilai rata-rata 20,4 menunjukkan hasil penelitian ini sesuai dengan indikator pencapaian. Hal ini membuktikan bahwa media kartu angka bergambar bisa meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berhitung Permulaan, Kartu Angka Bergambar, AUD
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 649 Child rearing and home care of sick
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:24
Last Modified: 01 Feb 2023 04:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17207

Actions (login required)

View Item View Item