Penerapan Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Indonesia Siswa Kelas II MIS Nurul Huda, Deli Serdang

Dini, Rahma (2021) Penerapan Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Indonesia Siswa Kelas II MIS Nurul Huda, Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
coverr.pdf

Download (825kB)
[img] Text
bab 1 (1).pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAA.pdf

Download (901kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan Bahasa Indonesia siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum dan setelah penerapan media gambar berseri dan bagaimana pelaksanaan proses penerapannya terhadap siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan II siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa/i kelas II MIS Nurul Huda, Deli Serdang yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian adalah kemampuan menulis karangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dan statistik deskriptif. Tindakan pembelajaran siklus I siswa mengarang menggunakan gambar berseri. Tindakan siklus II lebih meningkatkan pada aspek kemampuan menulis karangan Bahasa Indonesia menggunakan media gambar berseri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai kemampuan menulis karangan siswa. Maka dapat disipulkan, bahwa hasil peningkatan kemampuan menulis karangan Bahasa Indonesia sebelum penerapan media gambar berseri yang rata-rata nilai pratindakan siswa sebesar 64 dengan presentasi KKM sebesar 48 %. Setelah dilakukan tindakan menggunakan media gambar seri rata-rata nilai evaluasi siklus I sebesar 75 dan presentasi KKM naik menjadi 80% lalu kemudian dilakukan siklus II dengan nilai rata-rata 79 dan keberhasilan menjadi 100%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Karangan, Media Gambar Berseri
Subjects: 700 The arts > 740 Drawing and decorative arts > 741 Drawing and drawings
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:29
Last Modified: 01 Feb 2023 03:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17195

Actions (login required)

View Item View Item