Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Dan Kemauan Membayar Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Kelas Iii Di Rsu Haji Medan

HANDAYANI, SRI HARTATI (2022) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Dan Kemauan Membayar Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Kelas Iii Di Rsu Haji Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA&LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masing-masing orang atau masyarakat harus menjadi peserta dan dapat terlindungi di dalam asuransi kesehatan sosial nasional. Pada kenyataan yang ada masyarakat belum seluruhnya menjadi peserta asuransi kesehatan, dalam hal ini BPJS. Faktor kemampuan dan kemauan seseorang menjadi pengaruh/alasan masyarakat tidak menggunakan asuransi dalam pelayanan kesehatan. Ada beberapa faktor yang menjadi pemicunya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan dan kemauan membayar pelayanan kesehatan di RSU Haji Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat studi deskriptif dengan desain crossectional. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian ini adalah faktor pendapatan dan faktor pengeluaran non-essensial mempengaruhi kemampuan membayar pelayan kesehatan pasien dengan jumlah terbanyak pada kategori rendah (< Rp 3.300.000,-) sebanyak 56,7%. Serta tingkat pengeluaran non-essensial terbanyak pada kategori < Rp 1.500.000,- sebanyak 58,9%. Dan faktor Pelayanan Kesehatan mempengaruhi kemauan membayar pelayanan kesehatan pasien dengan jumlah terbanyak pada kategori baik sebanyak 70,0%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membayar (ATP), Kemauan membayar (WTP), pelayanan kesehatan Rumah Sakit.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:18
Last Modified: 31 Jan 2023 08:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17170

Actions (login required)

View Item View Item