Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Nonakademik Di Smp Al-Hidayah Kecamatan Bandar Selamat Kota Medan

Kholija, Risda (2022) Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Nonakademik Di Smp Al-Hidayah Kecamatan Bandar Selamat Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
COVER RISDA KHOLIJA.pdf

Download (851kB)
[img] Text
BAB I RISDA KHOLIJA.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II RISDA KHOLIJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III RISDA KHOLIJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV RISDA KHOLIJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V RISDA KHOLIJA.pdf

Download (381kB)
[img] Text
DAPUS RISDA KHOLIJA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Nonakademik di SMP Al-Hidayah Kecamatan Bandar Selamat Kota Medan”, yang dilatarbelakangi bahwa belum maksimalnya pemberlakuan kegiatan-kegiatan di luar jam belajar yang menjadi penyebab pada tingkat prestasi nonakademik peserta didik yang tergolong masih minim. Padahal fungsi etis manajemen kesiswaan di sekolah adalah untuk mampu mengembangkan kemampuan dan potensi peserta didik sesuai minat dan bakatnya secara utuh agar tercipta prestasi-prestasi di luar prestasi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan individualitas peserta didik, pengembangan fungsi sosial peserta didik, penyaluran aspirasi serta harapan peserta didik dalam meingkatkan prestasi nonakademik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sebagai informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru bidang studi dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya sekolah dalam kegiatan manajemen kesiswaan untuk mengembangkan potensi peserta didik yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik, 2) Keberadaan beberapa kegiatan ekstrakurikuler merupakan sebagai bagian dari penumbuhan fungsi sosial peserta didik, 3) Peserta didik bisa menyalurkan aspirasinya melalui kegiatan ektrakurikuler sesuai bakatnya serta melalui organisasi yang tersedia di sekolah, sehingga sekolah bisa menampung aspirasi tersebut dan terselenggarakan sesuai dengan yang diharapkan peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kesiswaan, Ekstrakurikuler
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 31 Jan 2023 05:18
Last Modified: 31 Jan 2023 05:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17151

Actions (login required)

View Item View Item