Upaya Guru BK dalam Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di MAN 2 Langkat

Putri, Amalia (2022) Upaya Guru BK dalam Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di MAN 2 Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Prokrastinasi Akademik berasal dari bahasa latin "procrastination” dengan awalan kata pro yang artinya bergerak maju dan “crastinus”yang berarti keputusan hari esok. Prokrastinasi akademik adalah perilaku penundaan dalam mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan yang berkaitan dengan tugas formal dalam lingkup akademik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bagaimana perilaku prokrastinasi siswa di MAN 2 Langkat, 2) Mendeskripsikan bagaimana upaya yang telah dilakukan guru BK dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik di MAN 2 Langkat, 3) Mendeskripsikan apa saja kendala yang dihadapi guru BK dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di MAN 2 Langkat Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif, adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu data yang diperoleh berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Penarikan sample dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perilaku prokrastinasi akademik siswa sangat beragam seperti lebih memilih bermain hp, mengikuti kegiatan eskul, membantu orang tua, tidur dan membuat karya dari pada mengerjakan tugas akademik. 2) Upaya yang sudah dilakukan guru BK dengan memberikan layanan bimbingan klasikal, memberi pemahaman, dorongan dan motivasi terhadap siswa yang melakukan prokrastinasi akademik. 3)Kendala yang dihadapi guru BK dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa yaitu waktu yang terbatas dalam pelaksanaan layanan bimbingan klasikal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Prokrastinasi akademik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:00
Last Modified: 31 Jan 2023 04:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17128

Actions (login required)

View Item View Item