Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Strategi Whisper Game Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW Ke Madinah Kelas VII MTs Swasta Al-Hidayah Cikampak Kecamatan Torgamba Labuhanbatu Selatan

Nuryantika, Lili (2022) Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Strategi Whisper Game Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW Ke Madinah Kelas VII MTs Swasta Al-Hidayah Cikampak Kecamatan Torgamba Labuhanbatu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER LILI NURYANTIKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI LILI NURYANTIKA.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI LILI NURYANTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI LILI NURYANTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI LILI NURYANTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI LILI NURYANTIKA.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI LILI NURYANTIKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran whisper game pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW Ke Madinah kelas VII-2 MTs Swasta Al-Hidayah Cikampak Kecamatan Torgamba Labuhanbatu Selatan dengan subjek penelitian sebanyak 38 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penelitian dimulai dengan melakukan tes yaitu pre-test, kemudian dilanjutkan dengan siklus I dan siklus II. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa minat belajar siswa sebelum diterapkannya strategi whisper game dengan tindakan pre-test ≤ 75 sebesar 21% sebanyak 8 orang dan minat siswa masih sangat rendah. Kemudian sesudah diterapkan strategi whisper game pada siklus I minat belajar siswa mulai mengalami peningkatan sebesar 45% sebanyak 17 orang dan pada siklus II sudah meningkat ≥ 75 sebesar 79% sebanyak 30 orang siswa yang memenuhi ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi whisper game dapat meningkatkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah kelas VII-2 MTs Swasta Al-Hidayah Cikampak Kecamatan Torgamba Labuhanbatu Selatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa, Strategi Whisper Game
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:28
Last Modified: 31 Jan 2023 03:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17120

Actions (login required)

View Item View Item