Nurhayati, Nurhayati (2021) Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Rendah Pada Pembelajaran Tematik Di Mis Nurul Fikri Desa Suka Makmur Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER NURHAYATI-0306172093.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I NURHAYATI-0306172093.pdf Download (339kB) |
|
Text
BAB II NURHAYATI-0306172093.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
|
Text
BAB III NURHAYATI-0306172093.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
|
Text
BAB IV NURHAYATI-0306172093.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V NURHAYATI-0306172093.pdf Download (211kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NURHAYATI-0306172093.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas rendah MIS Nurul Fikri, 2) untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru kelas dalam perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di MIS Nurul Fikri, 3) untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru kelas dalam evaluasi hasil belajar siswa di MIS Nurul Fikri, 4) untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di MIS Nurul Fikri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deksriptif, pengumpulan data peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu terdiri dari tiga jalur yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) proses pelaksanaan pembelajaran tematik dikelas rendah sudah berjalan dengan memenuhi tiga indikator tahapan pembelajaran yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Namun pada kegiatan awal belum memenuhi kriteria, kegiatan inti dan penutup sudah memenuhi kriteria. 2) Kompetensi pedagogik guru kelas rendah pada pembelajaran tematik di MIS Nurul Fikri Desa Suka Makmur pada komponen perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Beberapa guru belum memenuhi dari ketiga komponen tersebut yaitu komponen yang belum terpenuhi ialah perancangan pembelajaran. Sedangkan untuk komponen pelaksanaan pembelajaran dan penilaian sudah memenuhi indikator. 3) Kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik ialah kendala orang tua, sumber belajar. Media/alat peraga, peserta didik, dan materi. Tidak hanya itu kemampuan pedagogik guru yang belum maksimal
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 05:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 05:06 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17097 |
Actions (login required)
View Item |