Analisis Swot Penyampaian Dakwah Ustaz Felix Siauw Melalui Instagram (Analisis Terhadap Followers Akun @Felixsiauw)

Abdurrahman, Abdurrahman (2022) Analisis Swot Penyampaian Dakwah Ustaz Felix Siauw Melalui Instagram (Analisis Terhadap Followers Akun @Felixsiauw). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover skripsi rahman.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I rahman.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB II rahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III rahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV rahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V rahman.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN rahman.pdf

Download (2MB)

Abstract

Meningkatnya penggunaan media sosial di kehidupan sehari-hari membuka kesempatan yang luas dalam melakukan konektivitas antar-individu, pemrolehan beragam informasi, serta sarana saling bertukar gagasan. Pengembangan dakwah berbasis media sosial hendaknya mampu menawarkan sajian alternatif yang terkait dengan pesan dakwah dalam bentuk yang lebih relevan dengan perkembangan yang terjadi. Salah satu media sosial yang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah media sosial instagram. Felix Yanuar Siauw, salah seorang ustaz kenamaan Indonesia, mendedikasikan dirinya untuk berdakwah di media sosial instagram melalui akun @felixsiauw. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi penyampaian dakwah ustaz Felix Siauw di akun instagram. Penelitian ini didasarkan kepada teori Analisis SWOT menggunakan matriks EFAS dan IFAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yang adalah dengan menggunakan survei melalui kuesioner (pemberian skala) dengan 110 orang sampel yang merupakan followers akun @felixsiauw. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis matriks IFAS dan EFAS, faktor yang menjadi kekuatan utama penyampaian dakwah di akun @felixsiauw adalah adanya perasaan senang dan termotivasi dari mad’u terhadap pesan yang disampaikan dengan total skor bobot sebesar 0,336. Sedangkan kelemahan utama adalah keterbatasan dalam penyertaan dalil Alquran dan Hadits dengan skor total bobot sebesar 0,215. Adapun peluang utama penyampaian dakwah di akun @felixsiauw terletak pada dukungan mad’u terhadap aktivitas dakwah di akun tersebut dengan total skor bobot sebesar 0,360. Sedangkan ancaman utama adalah adanya take-down dari pihak instagram yang menghambat informasi khususnya dakwah dengan total skor bobot sebesar 0,291.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyampaian Dakwah, Felix Siauw, Instagram, Analisis SWOT
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:26
Last Modified: 30 Jan 2023 03:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17089

Actions (login required)

View Item View Item