Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar

Auliah, Fitri (2022) Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Auliah.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB I Auliah.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II Auliah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB III Auliah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV Auliah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V Auliah.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Auliah.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar” yang dilatar belakangi dengan rendahnya keterampilan guru dalam mengelola kelas khususnya di mata pelajaran matematika di SDN 063 Mompang Jae, Kec. Panyabungan Utara, Kab. Mandailing Natal, ini sebabnya karena dalam proses pembelajaran pendidik masih lebih fokus pada pengaturan siswa berupa tindakan korektif, sedangkan pengelolaan fisik belum maksimal dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Dimana terdapat dua kelas, yaitu kelas IV-A yang berjumlah 30 siswa dan kelas VI-B yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala likert dengan jumlah 20 soal variabel X dan 20 soal variabel Y. Analisis data dilakukan dengan analisis uji korelasi dengan rumus prosuct moment dengan bantuan program Microsoft Excel. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Keterampilan guru dalam mengelola kelas diperoleh nilai rata-rata 77,6 (2) Mata pelajaran matematika kelas V diperoleh nilai rata-rata 70,9 Hal iini dibuktikan dengan hasil uji korelasi dengan rumus product moment dengan nilai rhitung sebesar 0,4871 dengan nilai Signifikan 0,2162 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak karena 0,000 < 0,05. Dapat disimpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap minat belajar pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru Dalam Mengelola kelas, Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jan 2023 09:25
Last Modified: 27 Jan 2023 09:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17061

Actions (login required)

View Item View Item