Pengembangan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra-Arfalis Medan

Gultom, Khairunnisa (2021) Pengembangan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra-Arfalis Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER Nisa.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I Nisa.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. BAB II Nisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III Nisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV Nisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V Nisa.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA Nisa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana pengembangan media puzzle dalam meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA-Arfalis Medan. (2) apakah media puzzle yang dikembangkan dapat meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA-Arfalis Medan. Penelitian ini dilaksanakan di RA Arfalis Medan, pada tanggal 26, 27, 28, 29, 30,31 July 2021, dengan jumlah anak yang diteliti berjumlah 17 orang anak. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Data penelitian ini diperoleh menggunakan observasi, kuesioner atau angket, kuesioner validator , yaitu ahli media, ahli psikologi, dan ahli perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan 7 tahap pengembangan media puzzle untuk meningkatkan kognitif anak yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) uji coba produk; 6) revisi produk; dan 7) uji coba pemakaian. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh validator media dengan presentase 95,83% dengan kategori sangat layak. Uji kelayakan yang dilakukan validator psikologi mendapatkan presentase 95,00% dengan kategori sangat layak, dan hasil dari uji coba validator perkembangan anak mendapatkan presentase 95,00% dengan kategori sangat layak. Hasil belajar anak pada uji coba tahap I persentase kemampuan kognitif 35,30%, pada uji coba tahap II persentasi kemampuan kognitif 82,3%. pada kemampuan kognitif anak meningkat dengan klasifikasi sangat tinggi memperoleh rata-rata skor 37, oleh karena itu media puzzle untuk meningkatkan kognitif anak dapat dikatakan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle, Kognitif Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:45
Last Modified: 27 Jan 2023 03:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17057

Actions (login required)

View Item View Item