Desain Kamus Saku Bahasa Arab – Indonesia "Kitab Durusullughah Al-‘Arabiyah Lighairi Annaathiqiina Biha” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Santriwati Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Medan

Situmorang, Arnika Sarifa (2022) Desain Kamus Saku Bahasa Arab – Indonesia "Kitab Durusullughah Al-‘Arabiyah Lighairi Annaathiqiina Biha” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Santriwati Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (800kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (648kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pembuatan kamus saku Arab – Indonesia, validasi kamus saku Arab – Indonesia dan hasil uji coba pembelajaran menggunakan kamus saku Arab – Indonesia untuk kelas VII MTs Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Medan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development ( R&D ). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan rumus Nilai Rata-rata dan rumus N-Gain Score. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa prosedur pembuatan kamus saku Arab – Indonesia ini dengan menganalisis Potensi dan Masalah Pengumpulan Data, Validasi Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk dan Revisi Produk. Dan hasil validasi kamus saku Arab – Indonesia dari ahli materi mendapatkan nilai 97% yang berkategori sangat layak, dan dari ahli media mendapatkan nilai 96% yang berkategori sangat layak.Dan hasil uji coba pembelajaran dengan kamus saku Arab – Indonesia dengan perhitungan menggunakan rumus rata-rata bahwa siswa dikelas eksperimen mendapatkan nilai pre test sebesar 46,31 % dan nilai post test sebesar 87,4%, dan siswa dikelas kontrol mendapatkan nilai pre test sebesar 36,84% dan nilai post test sebesar 43,94%. Dan hasil dari ujian pre test dengan menggunakan rumus N Gain Score bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 0,77%. Ini menunjukkan bahwa penerapan kamus saku Arab – Indonesia untuk kelas VII B di MTs Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Medan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain, kamus saku, bahasa Arab
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:54
Last Modified: 26 Jan 2023 08:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17044

Actions (login required)

View Item View Item