Pengaruh Model Pembelajaran Critical Incident Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Simalungun

Sitorus, Nina Nurmaya (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Critical Incident Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover nina.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB I nina.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II nina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III nina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV nina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V nina.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA nina.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tanya jawab. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Critical Incident pada mata pelajaran IPS kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Simalungun. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pembelajran yang menggunakan model pembelajaran Critical Incident terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Simalungun. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode Eksperimen (Quasi Experimental Desain), dan Model Nonequivalent Control Group Design. Yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Simalungun pada kelas VIII-1 berjumlah 32 siswa dan VIII-4 berjumlah 32 siswa tahun pelajaran 2021/2022 semester ganjil. Berdasarkan dari analisis data yang diperoleh : 1) Hasil dari nilai rata-rata siswa di kelas kontrol pada proses pembelajaran menggunakan tanya jawab yaitu nilai rata-rata pre-test yaitu 54,2 sedangkan nilai post-test yaitu 66,5. 2) Hasil nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen pada proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Critical Incident (pengalaman penting) yaitu nilai rata-rata pre-test yaitu 71,4 dan post-test yaitu 89,2. Sehingga memiliki hasil belajar yang lebih baik. 3) Melalui hasil dari pengujian hipotesis bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Critical Incident (pengalaman penting) yang digunakan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pada Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi pluralitas masyarakat Indonesia di kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Simalungun semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Critical Incident, dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:50
Last Modified: 26 Jan 2023 06:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17027

Actions (login required)

View Item View Item