Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Disiplin Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Ad-Durrah Kecamatan Medan Marelan

Nurfidha, Mauzzi (2022) Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Disiplin Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Ad-Durrah Kecamatan Medan Marelan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER MAUZZI NURFIDHA.pdf

Download (936kB)
[img] Text
BAB I MAUZZI NURFIDHA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II MAUZZI NURFIDHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB III MAUZZI NURFIDHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV MAUZZI NURFIDHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V MAUZZI NURFIDHA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Disiplin Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Ad-Durrah Kecamatan Medan Marelan Kota Medan yang dilatarbelakangi bahwa pembentukan karakter diyakini perlu dan penting untuk dilakukan oleh sekolah dan stakeholders-nya untuk menjadi pijakan dalam penyelenggaraan pendidikan karakter di sekolah. Karena pada dasarnya bertujuan untuk mendorong lahirnya anak-anak yang baik (Insan Kamil). Tumbuh dan berkembangnya karakter yang baik tentu akan mendorong peserta didik tumbuh dengan kapasitas dan komitmen benar dan memiliki tujuan hidup. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter serta upaya dalam mengatasi faktor penghambat tersebut dalam pembentukan disiplin peserta didik di SMP IT Ad-Durrah Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Partisipan yang berpartisipasi pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan, Guru BK dan Wali Kelas yang terdapat di SMP IT Ad-Durrah Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Perencanaan manajemen pendidikan karakter dalam pembentukan disiplin peserta didik di SMP IT Ad-Durrah Kecamatan Medan Marelan Kota Medan sudah sesuai dengan pedoman pemerintah, yang meliputi proses penentuan tujuan, penyusunan program kegiatan dan proses penerapan nilai karakter oleh peserta didik, (2) Pelaksanaan ini dilakukan lebih ke bagaimana atau sejauh mana karakter kedisiplinan ini sudah diterapkan, (3) Faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan karakter dalam pembentukan disiplin peserta didik diantaranya guru, orangtua, teman dan lingkungan masyarakat nya, (4) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat adalah dengan memberikan efek jera kepada peserta didik bagi yang melakukan pelanggaran. Berdasarkan temuan dari penelitian di atas menyimpulkan bahwa implementasi manajemen pendidikan karakter dalam pembentukan disiplin peserta didik yang telah dibuat dan direncanakan oleh kepala sekolah beserta staff tenaga pendidik lainnya layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran yang dilakukan di SMP IT Ad Durrah Medan Marelan sebagai upaya mengoptimalkan pembinaan karakter peserta didik untuk memiliki karakter yang berakhlaqul karimah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendidikan Karakter, Disiplin
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:48
Last Modified: 26 Jan 2023 04:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17018

Actions (login required)

View Item View Item