Upaya Guru dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Kelas V pada Pembelajaran PKn di MIN 1 Simalungun

Apriani, Winda (2022) Upaya Guru dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Kelas V pada Pembelajaran PKn di MIN 1 Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (967kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Upaya Guru dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Kelas V pada Pembelajaran PKn di MIN 1 Simalungun” dilatarbelakangi oleh sikap sosial anak-anak sekitar tempat tinggal peneliti, yang masih tumbuh dan berkembang dengan baik di situasi pandemi covid-19 yang mengharuskan siswa mengurangi interaksi sosial dengan masyarakat setempat. Sesuai dengan survei sebelum penelitian yang dilakukan peneliti, siswa kelas V-B di MIN 1 Simalungun memiliki sikap sosial yang cukup baik. Hal ini membuat peneliti tertarik meneliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk mengembangkan sikap sosial siswa, serta apa faktor yang dapat mendukung dan menghambat upaya guru dalam mengembangkan sikap sosial siswa kelas V ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas V-B dan seorang wali kelas sekaligus guru bidang studi PKn. Objek kajian dari penelitian ini yaitu sikap sosial siswa dan pembelajaran PKn. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya temuan data hasil penelitian dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan upaya yang telah dilakukan oleh guru untuk mengembangkan sikap sosial berjalan secara sistematis melalui 4 tahap, yaitu tahap persiapan, penyampaian, praktik dan penampilan hasil. Pada tahap persiapan guru membuat RPP untuk mempermudah pembelajaran PKn, kemudian pada penyampaian guru mengintegrasikan PKn ke dalam indikator sikap sosial, dengan menyelipkan nasihat dan bimbingan ketika pembelajaran dilakukan. Pada tahap praktik, guru melakukan upaya memberi teladan yang baik agar dicontoh oleh siswa. Teladan yang dilakukan berkaitan dengan indikator sikap sosial disiplin, peduli dan santun. Pada tahap ke empat yaitu penampilan hasil belajar, guru memberikan kesempatan siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Pada tahap ini guru juga melakukan evaluasi melalui catatan jurnal yang telah didapatkan saat proses belajar berlangsung. Faktor pendukung dari pengembangan sikap sosial siswa yaitu orang tua yang ikut berpartisipasi aktif pada program yang dijalankan guru serta lingkungan sekolah yang bersuasana positif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu orang tua yang kurang berkontribusi dan tidak dapat diajak kerja sama oleh guru dalam mengembangkan sikap sosial siswa. Selain itu faktor lingkungan tempat tinggal siswa yang kurang baik juga dapat menghambat perkembangan sikap sosial siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Sikap Sosial, Pembelajaran PKn
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:36
Last Modified: 26 Jan 2023 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17013

Actions (login required)

View Item View Item