Pengembangan Media Pembelajaran Big Book dalam Meningkatkan Minat Menulis Anak Didik Kelas IV SD N 0415 Hutaraja Lama

Hasibuan, Mila Fauriah (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Big Book dalam Meningkatkan Minat Menulis Anak Didik Kelas IV SD N 0415 Hutaraja Lama. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan dengan berjudul “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN MINAT MENULIS ANAK DIDIK KELAS IV SD N 0415 HUTARAJA LAMA” yang dilatar belakangi bahwa masih banyak peserta didik yang memiliki minat menullis yang rendah belum mencapai KKM yang ditetapkan disekolah. Dalam proses kegiatan menulis guru menugasi siswa memilih satu judul sebagai dasar untuk menulis dan penggunaan media yang masih sangat minim dan kurang menarik. Dengan pembelajaran seperti itu, menjadikan kreativitas siswa tidak dapat berkembang secara maksimal. Dampak negatif dari model pembelajaran keterampilan menulis siswa rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development). research and development (R&D) adalah penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektivitasnya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D. Namun pada penelitian ini peneliti hanya melakukan sampai 3 tahap. Hasil penelitian mengungkap bahwa 1) minat menulis anak didik meningkat dengan penggunaan media pembelajaran big book karena anak didik tertarik dengan pembelajaran yang menggunakan media, 2) Pengembangan media pembelajaran big book di design sesuai dengan kebutuhan anak didik kelas IV dalam meningkatkan minat menulis anak didik, 3) Hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli validator keseluruhannya yaitu 95% dengan kategori sangat valid, 4) Hasil penilaian berdasarkan lembar praktikalitas secara keseluruhan dari praktisi yaitu 96% dengan kriteria Sangat Praktis. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka media pembelajaran big book, layak diterapkan oleh guru sebagai satu solusi untuk meningkatkan minat menulis anak didik kelas IV.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:46
Last Modified: 26 Jan 2023 02:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16989

Actions (login required)

View Item View Item